Bismillah….
Contoh proses bisnis atau perubahan sosial akibat tekhnologi yang melunturkan nilai etika tradisional:
1. E-learning
a. Model kerja
Para pendidik mengupload bahan – ajar mereka di website mereka dan anak didik hanya tinggal mendownload dari website tersebut.
b. Nilai etika tradisional yang hilang
Pada dasarnya model e learning sendiri sangat membantu guru maupun dosen untuk menyampaikan materi mereka kepada anak didiknya, namun jika tanpa pengawasan khusus maka sistem ini hanya akan menambah daftar masalah dalam dunia pendidikan kita. Tidak ada lagi anak didik yang mempunyai buku tebal berisi catatan – catatan di kelas. Mereka jadi malas menulis, dan belum tentu juga bahan ajar yang diberikan pendidik , mereka buka, diprint dan dibaca. Belum lagi para anak didik harus mengeluarkan biaya lebih untuk sekedar ke warnet mencari materi mereka, mungkin bagi yang dari keluarga menengah ke atas tidak masalah, tapi bagaimana dengan yang dari keluarga ekonomi ke bawah?
2. Pembuatan KTP dengan sistem online
a. Model kerja
Bagi masyarakat yang membutuhkan KTP baru atau ingin memperpanjang KTP mereka, cukup dengan masuk ke web yang telah disediakan kantor kelurahan dan mengisi data diri yang tertera disitu serta pelampiran foto maka tanpa perlu ke kantor kelurahan dan kecamatan KTP kita sudah bisa diambil.
b. Nilai etika tradisional yang hilang
Hilangnya kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar dimana dulu saat sistem ini belum ada kita jadi tahu kantor kelurahan itu dimana, pak lurahnya siapa, ketemu tetangga dan ngobrol saat antri pengurusan berkas dan lain sebagainya.
3. Belanja online
a. Model kerja
Hanya dengan membuka website yang menjual barang yang kita butuhkan, mengklik barang yang kita cari, membayar via transfer atau yang telah disepakati maka barang yang kita cari sudah dapat kita terima dalam beberapa waktu.
b. Nilai etika tradisional yang hilang
· Tidak ada tatap muka antara pembeli dan penjual
· Tidak ada tawar menawar dalam mencari kesepakatan harga karena biasanya harga yang tertera harga pas
· Tidak ada rasa saling mengenal antara pembeli dan penjual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar