Senin, 06 Mei 2013

Adek sudah 39 minggu lo

Sabtu kemarin dedek di perutku tepat berusia 39 minggu. Subhanallah.. sungguh waktu cepat berlalu. HPL tinggal seminggu lagi. Perasaan bahagia, cemas dan khawatir hinggap silih berganti di pikiranku. Bahagia karena akan segera bertemu dengan bayiku tapi juga cemas dan khawatir membayangkan proses kelahiran yang belum pernah kurasakan. Tapi aku yakin bahwa semuanya InsyaAllah bisa kulewati.. semoga dipermudah oleh Nya.


Aniwey baswey stroberey.. * hihihi *.. pengen cerita ni tentang perjalanan dedekku dari mulai TM 1 hingga TM3 ini.. ya rasa2nya, bentuk2nya, dan apapun yang kualami. semoga manpaat ya..

TM1 ( 0 - 12 week )
 well.. mungkin tiap ibu hamil beda2 ya ngerasainnya, tapi kalo aq dulu begitu tau hamil segala yang diomongin orang tentang orang hamil tu jadi kenyataan. Kayak ini ni
1. mual dan muntah di pagi hari ( kadang g kenal waktu, entah siang, sore atawa malam pun hayuk muntah terus sampe pooll )

2. sering pipis 
padahal minumku g begitu banyak tapi tiap berapa menit sekali pasti pipis, dikit2 pipis, di kantor pipis, di   kampus pipis, di kontrakan pipis.. ternyatla aku sdh meninggalkan jejak dimana - mana.. ( hohoho.. bangga)

3. G tahan bau amis
kalo yg ini cma beberapa hari sich.. paling g tahan nyium bau telur.. hiiiiii.. ( hueeeek)

4. minta yang aneh - aneh
kalo yang ini mah emang sebelum hamil dah suka minta yang aneh - aneh ( secara aku kan aneh ). jadi tambah aneh deh.. 

5. Ngantukan
Anda pernah tidur di toliet??? kalau belum tanyalah pada saya rasanya.. hehe.. saking g tahan ngantuknya pas di kantor karena belum waktunya istirahat tidur deh aku di toilet..eh tapi toilet dikantorku bersih n wangi lo..( g usah dibayangin bentukny kek gimana yang penting tidurrrr).. lumayan 15 menit - 30 menit bisa nyalurin hasrat tidur.. wkwkwk.. temanku yang tau kalo aku tidur di toilet pada ngakak sampai guling - guling..

6. Males dandan
entah ni bawaan bayi atau emang akunya yang g suka dandan.. untung suamiku tetep cinta *cie cie.. suit suit*

7. Cepat gerah
Mungkin ya.. kalo seluruh keringatku pas hamil dikumpulin bisa jadi ada 1 tangki jumlahnya..* hohoho.. lumayan buat bahan bakar pengganti pertamax*  habis gerah bgt sich..padahal ruanganku ber AC teteeeep aja gerah.. keringatan sak duren - duren..

TM 2 ( 13 - 28week)

Alhamdulillah.. terlewati sudah masa - masa berat di TM 1.. mulai di TM 2 ini mual dan muntah sudah tidak ada.. nafsu makan mulai meningkat dan perutku juga mulai membuncit.. ketahuan deh kalo lagi hamil.. * hehehe*.. di TM 2 ini aku bener2 menikmati masa - masa indah kehamilan.. hidupku sudah normal dan bahkan menjadi lebih rakus.. meski sempet didiagnosa hampir kena ISK ( Infeksi Saluran Kencing) tapi akhirnya tdk juga.. awalnya sich waktu itu klo kontrol sering ngeluh sakit di bag. miss v kalo pipis trs sama dr. nya suruh cek urin.. dan hasilnya ada bakterinya dan bilirubin tinggi.. gara2 kurang minum .. akhirnya stlh kontrol itu aku rajin minum air putih.. bahkan sama dr. nya disarankan 4 liter sehari.. *waks.. jadi galon berjalan dung aku* dan alhamdulillah ISK rebes.. selain ISK aku jga sering pusing di TM 2 ini.. setelah cek HB ternyata cuma 9.. padahal normalnya 13.. *oh no*.. tapi emg dasarnya darah rendah 2 minggu cek darah  masih sama HBnya.. Ya udin.. dibanyakin makan sayur dan buah deh..

oh ya, di TM 2 ini pula aku mulai merasakan gerakan dedek aku.. kira2 usia 22 week aku mulai merasakannya.. awalnya sore itu iseng2 suamiku tak suruh dengerin perutku, dengerin denyut jantung dedek yang sudah terdengar meski tanpa alat eee tiba2 " jedug".. ada kaki kecil sperti menendang di dalam.. kami berpandangan.. Subhanallah.. semakin nyata rasanya kehadiran dedek di perutku..  sejak itu aku sering meminta suami menempelkan telinganya di perutku untuk memantau gerakan dedek.. amazing rasanya.. semakin lama semakin jelas gerakan dedek diperutku.. perut terkadang jadi bergelombang.. entah lagi senam atau latihan kungfu.. sehat terus ya dek..

suatu hari dedek aktif banget dari pagi sampe hampir siang dia gerak terus, lalu aku bisikin " dedek ko gerak trs, geraknya entar aja klo bunda dah pulang kerja ya.bunda mau kerja dulu " dedek ngerti dan berhenti tapi ternyata dia ngambek keesokan harinya dia g mau bergerak cuma sesekali terasa, aku mulai cemas kalo terjadi apa2. akhirnya aku minta bantuan temanku yang bidan untuk cek apakah dedek baik2 saja. setelah dicek denyut jantungnya temanku bilang tidak ada masalah.. mungkin dedek lagi tidur katanya.. soalnya dedek mulai ada fase tidur dan gerak.. aku berusaha tenang meski dalam hati nyesel juga ngomongin dedek kayak gitu. sejak saat itu mau dedek gerak trs seharian tak biarin aja.. *takut dia ngambek lagi*

tapi ternyata ngambeknya dedek nggak hanya saat itu saja.. waktu itu juga pernah.. di suatu pagi yang cerah hubby minta di layani ( meski hamil kami tetap melakukannya meski dikeluarkan di luar).. entah terlalu keras terkena goncangannya atau bagaimana si dedek hari itu jadi pendiem.. Hubby langsung minta maaf sama dedek .. kata Hubby " maafin abi ya dek, habis abi g tahan sich" * wkwkwkwkwk*

TM 3 ( 29 - 40  week)

Ini dia akhir dari masa penantianku.. perutku semakin membesar .. saat bercermin aku jadi tertawa sendiri melihat perutku yang semakin besar.. subhanallah.. ada manusia di dalam perutku.. di TM ke 3 ini gerakan dedek semakin terasa.. tak hanya gerakan tapi juga tendangan bahkan mungkin tonjokan.. ada kalanya perutku menonjol di sebelah kanan tapi terkadang di sebelah kiri.. saat diajak ngobrol pun dedek perespon yang baik.. dedek ternyata  sudah pinter dari dalam kandungan.. saat umur 32 - 34 week aku sempet cemas karena setiap di USG kepala dedek masih di atas.. aku takut dia lahir sungsang.. namun berkat nungging, ngepel gaya inem dan ngobrol terus sama dedek saat USG umur 36 minggu dedek sudah mapan ( pinter ya dedek.. anak siapa sich ).. Alhamdulillah.. USG smpe umur 39 minggu kemarin pun letak dedek sudah mapan .. tinggal dibanyakin jalan2 biar dedek masuk panggul dan lahir deh.. * deg - deg nyess*

Sayang lingkungan di sekitar kontrakan tidak mendukung untuk jalan - jalan tiap pagi dan sore. Gimana mau mendukung kalo tetangga kami banyak yang melihara anjing. Entar bukannya  jalan - jalan malah jadi lari - lari deh.. alhasil aq hanya bisa memperbanyak ngepel dan jalan2 saat pulang ke rumah mertua stiap akhir pekan.. ya lumayanlah daripada tidak sama sekali.. * betul???*

Suka duka saat hamil memang begitu indah kurasa.. tak henti2nya kuucap syukur atas amanah ini.. semoga persalinanku nanti diberikan kelancaran dan kemudahan.. amiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar